Category Archives: FKP

Permohonan Peserta

KEGIATAN KELOMPOK STUDI MANGROVE 2017 HIMPUNAN MAHASISWA ILMU KELAUTAN FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS UDAYANA

Kelompok Studi Mangrove merupakan salah satu bentuk kelompok studi yang ada di Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan kelompok studi mangrove ini sebagai wadah untuk mengenal dan menambah pengetahuan mahasiswa Ilmu Kelautan (khususnya) dengan cara berinteraksi langsung dengan alam.

Kelompok studi mangrove 2017 diketuai oleh Pande Komang Egar Prihandana (Ilmu Kelautan 2016) yang bekerjasama dengan kelompok Nelayan Wanasari, bertempat di Kampoeng Kepiting, Tuban, Bali. Kelompok studi mangrove sudah mulai berkunjung ke Kampoeng Kepiting sejak bulan Pebruari 2017 dan terus berlanjut. Setiap bulan kami melakukan kegiatan pencarian bibit mangrove di daerah Suwung dan disekitar hutan mangrove dekat Kampoeng Kepiting, pembibitan mangrove yang dilakukan di halaman parkir Kampoeng Kepiting, meletakan bibit ke bedeng HIMASILA FKP Unud, pembersihan bedeng dan perakitan botol plastik besar untuk penyangga sampah yang masuk ke bedeng ketika air pasang.

Puncak kegiatan kelompok studi mangrove dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari pertama pada Sabtu, 9 September 2017 dan hari kedua Minggu, 10 September 2017 dengan tema “Save Mangrove for Another Life” dan konsep acara outdoor atau tidak formal. Dihadiri oleh Fungsionaris HIMASILA FKP Unud 2017 dan Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FKP Unud 2017.

Rangkaian acara Sabtu, 9 September 2017 yaitu klasifikasi mangrove dan pembuatan kopi mangrove yang memanfaatkan buah dari mangrove jenis Rhizopora sp. Diikuti oleh 69 orang peserta dari program studi Ilmu Kelautan dan antusias dari mahasiswa/i program studi Manajemen Sumberdaya Perairan tidak kalah, mereka bergabung dalam kegiatan karena ingin mengenal tentang mangrove. Acara dimulai dari pukul 13.00 WITA hingga pukul 16.00 WITA. Peserta diajak touring untuk mengenal jenis-jenis mangrove yang ada di Kampoeng Kepiting dipandu oleh mahasiswa/i Ilmu Kelautan 2015. Peserta juga diajak mengklasifikasi jenis mangrove yang ada disana. Dilanjutkan dengan acara pembuatan kopi mangrove yang didemontrasikan oleh panitia kelompok studi mangrove mengenai langkah – langkah pembuatan kopi mangrove dan melibatkan 4 orang peserta untuk mempraktikan, diantaranya Desak, Adhys, Cahya dan Kumara. Sedangkan peserta yang lain melakukan games Ranking 1 terkait dengan mangrove yang sudah dijelaskan dan dipandu oleh Agung Parahita.

Rangkaian acara dihari kedua pada Minggu, 10 September 2017 yaitu penanaman mangrove dan main kano. Diikuti oleh 62 orang peserta dari program studi Ilmu Kelautan dan Manajemen Sumber Daya Perairan. Acara dimulai pukul 07.00 WITA dengan registrasi peserta, kemudian acara pembukaan yaitu pengarahan dari Wakil Ketua Kelompok Studi Mangrove dan Ketua Kelompok Nelayan Wana Sari. Peserta diarahkan kelokasi penanaman, mangrove yang ditanam sebanyak 100 bibit. Setelah penanaman peserta diberi waktu istirahat untuk makan siang sambil menunggu air pasang untuk bermain kano. Pukul 12.10 WITA air sudah pasang dan peserta diarahkan ketempat main kano, dengan aturan peserta yang bermain kano diwajibkan memungut sampah dan membawa karung berisi sampah dan bermain dengan system bergilir. Rangkaian acara dihari kedua berakhir pukul 14.40 WITA.

Pengumuman Beasiswa Prof.Dr. Ida Bagus Mantra dan Beasiswa Prof. Dr. I Gusti Ngoerah Gde Ngoerah Tahun 2017

Sesuai dengan renja 2017 mengenai verifikasi beasiswa prof. Dr. Ida Bagus Mantra, dan beasiswa Prof. Dr. I Gusti Ngoerah Gde Ngoerah dengan di umumkan keapda mahasiswa baru angkatan tahun 2017 yang bermnat (formulir dan persyaratan terlampir).
Berkas permohonan calon penerma beasiswa Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, dan Beasiswa Prof. Dr. I Gusti Ngoerah Gde Ngoerah sudah kami terima tanggal 15 september 2017 di biro Kemahasiswaan (BKM) Gedung Rektorat Lantai III Kantor Pusat Kampus Bukit Jimbaran, Dengan Mengisi Formulir dan Persyaratan yang dapat di unduh dilaman : http://beasiswa.unud.ac.id

Demikian disampaikan, atas perhatian diucapkan terima kasih.

dibawah kami lampirkan formulir dan persyaratan terlampir.

download


Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/clients/client1/web139/web/wp-content/plugins/wp-statistics/includes/classes/statistics.class.php on line 118