Monthly Archives: Oktober 2012

Ulang Tahun Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana

Dalam rangka memperingati hari jadi yang pertama Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2012 dilaksanakan beberapa kegiatan, seperti Upacara Bendera, kegiatan ramah tamah di lingkungan FKP dan pemotongan tumpeng ulang tahun, serta kegiatan bakar ikan. Upacara peringatan ulang tahun FKP dipimpin langsung oleh Dekan FKP, Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp. PD (KHOM). Setelah upacara dilakukan acara tumpengan dan ramah tamah di lingkungan civitas akademika Fakultas Kelautan dan Perikanan dan dilanjutkan dengan general lecture (Kuliah umum) yang di berikan oleh Prof. Dr. Tasuku Tanaka dengan tema “The used of Satellite Data for Marine Sciences and Fisheries”. Rangkaian acara peringatan ulang tahun ini berlangsung meriah serta mempererat rasa kekeluargaan antara mahasiswa, pengajar, dan pegawai di lingkungan FKP.

First anniversary Fakultas Kelautan dan Perikanan diharapkan menjadi tonggak awal sejarah FKP dan semangat yang dimiliki tetap terjaga hingga dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi yang terbentuk.

Seminar Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

Dalam rangka memperingati Bulan Mutu Perikanan, Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana ikut berpartisipasi dengan mengikuti seminar bertajuk “Akselerasi Indsutri Perikanan melalui peningkatan nilai tambah (Value Added) dan daya saing produk perikanan”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 2 Oktober 2012 ini dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (Bp. Sharif C. Suradjo) beserta jajaran Direktorat Jenderal di bawah kementerian ini (Dirjen Budidaya, Dirjen Penangkapan, dan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan). Selaku penyelenggara kegiatan ini adalah Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP). Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana mengirimkan delegasinya di dalam kegiatan tersebut antara lain: Pembantu Dekan I (Prof. I Wayan Arthana, Ph.D) serta 3 orang dosen, dan 11 orang mahasiswa yang berasal dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan dan Program Studi Ilmu Kelautan.

Dalam sambutannya, Bapak Saut P. Hutagalung selaku ketua penyelenggara seminar ini menyatakan pentingnya pengendalian mutu hasil perikanan Indonesia untuk dapat meminimalisir penolakan produk perikanan Indonesia di perdagangan dunia. Selanjutnya, Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan (Sharif C. Sutardjo) memukul gong sebagai tanda pencanangan bulan mutu hasil perikanan Indonesia. Sebagai tanda dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap pengembangan industri hasil perikanan di Indonesia, diberikan pula penghargaan secara simbolis kepada beberapa stakeholder terkait. Selain itu, disematkan pula PIN Qualisafe kepada berbagai stakeholder, dan dalam hal ini Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana diwakili oleh Prof. Ir. I Wayan Arthana, Ph.D selaku Pembantu Dekan I.

Adapun materi yang dibahas dalam seminar ini antara lain: Risk Assesment and Their Contribution to Codex Standar Development (oleh Dr. Iddya Karunassagar FAO), Kebijakan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (oleh kepala BKIPM), Kebijakan Standardiasi Produk Pangan (oleh Kepala BSN), Kebijakan Industrialisasi Perikanan Tangkap (oleh DIrektur Jenderal Perikanan Tangkap), Kebijakan Industrialisasi Perikanan Budidaya (oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya), Keberlanjutan Sumberdaya Ikan untuk Mendukung Industri Perikanan (oleh Dr. Luky Adrianto dosen IPB), dan Strategi Penyediaan Bahan Baku yang kontinyu untuk memperkuat industri pengolahan hasil perikanan (oleh Dr. Abdul Ghofar Dosen UNDIP). Selain itu dibahas pula beberapa materi oleh para praktisi industri hasil perikanan, yaitu oleh Bapak Tachmid Widiasto (Praktisi pengolah Tuna) dan Bapak Tigor Chendarma (Praktisi pengolah Udang).

Bakti Sosial FKP Unud 2012 (Penanaman Mangrove di Pantai Mertasari, Sanur)

Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universita Udayana sukses menyelenggarakan Bakti Sosial FKP Unud 2012, yaitu Kegiatan Penanaman Mangrove di Pantai Mertasari, Sanur pada Hari Minggu 30 September 2012. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa FKP Unud beserta segenap staf pengajar dan pimpinan di lingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud. Kegiatan ini diawali dengan acara bersih-bersih pantai dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik yang berceceran di areal mangrove, kemudian diikuti dengan kegiatan penanaman mangrove serta sulam mangrove yang mati di areal tersebut.

PKKMB Fak. Kelautan dan Perikanan UNUD 2012

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana telah dilaksanakan pada tanggal 1-2 September 2012. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa baru tentang kehidupan kampus, khususnya di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan ini berisikan beberapa materi orientasi kampus seperti Pengenalan lingkungan kampus dan berbagai fasilitas pendukungnya, pengenalan organisasi kemahasiswaan baik intra maupun ekstra kampus, serta penjelasan tentang kurikulum dan perkuliahan. Kegiatan ini dihadiri oleh 41 orang mahasiswa dari total sejumlah 44 orang mahasiswa yang diserahterimakan dari pihak Universitas kepada pihak Fakultas.