Monthly Archives: Desember 2012

Kuliah Umum “Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan” oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Fakultas Kelautan dan Perikanan  Universitas Udayana menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk “Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan” oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sharif Cicip Sutardjo di Gedung Rektorat Universitas Udayana, Bukit Jimbaran. Kuliah Umum yang diselenggarakan Jumat, 28 Desember 2012 ini  dihadiri pula oleh Dirjen Perikanan dan Budidaya, Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Kepala Badan Sumberdaya Manusia di Kementerian Kelautan RI.

Kuliah umum dibuka oleh Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp. PD (KHOM) yang mengatakan bahwa kuliah umum ini sangat penting mengingat Universitas Udayana baru membuka Fakultas Kelautan dan Perikanan. Potensi kelautan sangat menjanjikan sebagai sumberdaya berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang luas mengenai potensi kelautan dan perikanan yang besar untuk menunjang pembangunan berkelanjutan.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sharif Cicip Sutardjo mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki panjang garis pantai no 2 di dunia sehingga memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Oleh karena itu perlu penanganan dan pengelolaan agar tercipta sumberdaya berkelanjutan dan tetap menjaga kelestariannya dengan konsep “Blue Economy”, yaitu pengkayaan green economy dengan semboyan blue sky-blue ocean : ekonomi tumbuh, rakyat sejahtera, namun langit dan laut tetap biru. Laut adalah masa depan kita yang perlu dikelola secara bijak untuk menopang perekonomian dengan “blue economy” sebagai konsep dan tumpuan kebijakan pembangunannya.

Pada kesempatan itu pula Kementerian Kelautan dan Perikanan menyerahkan bantuan media corner bagi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana.