Monthly Archives: September 2013

Dokumen Pedoman Operasional Universitas Udayana

Berikut ini merupakan dokumen – dokumen Pedoman Operasional Universitas Udayana. Dapat dilihat dan didownload disini

Informasi batas waktu pengumpulan proposal PKM 2013, Dan mohon tenaga Reviewer Proposal PKM Tahun 2013 Pendanaan Tahun 2014

Dear All,

Menindaklanjuti surat dari Biro Administrasi Kemahasiswaan dengan nomor surat No. 3638/UN14.III/KM.04.06/2013 perihal Pengumpulan proposal PKM dan mohon Tenaga Reviewer proposal PKM. Pengumpulan Proposal PKM sudah di terima di BAK Unud Bukit Jimbaran paling lambat tgl. 7 Oktober 2013 dan  juga mohon 1 (satu) orang tenaga Reviewer untuk kegiatan PKM tersebut paling lambat sudah diterima di BAK Unud Bukit jimbaran tgl. 30 september 2013. berikut ini saya lampirkan surat dari BAK. sekian terima kasih.  Lampiran

Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2013 pendanaan Tahun 2014

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang yaitu :  PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T dan PKM-KC yang akan didanai tahun 2014.

Perlu  kami  informasikan  bahwa  pengajuan  usulan  proposal  dan  tata  cara  pengiriman  proposal On-Line ke  Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) mengikuti Panduan  PKM  Tahun  2013 (terlampir) yang dapat diunduh pada website   http://dikti.go.id danhttp://simlitabmas.dikti.go.id,   dengan   headline: Usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2013.
Sehubungan hal tersebut di atas, kami informasikan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dilakukan Oleh Staf bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi dengan alamat http://simlitabmas.dikti.go.id
  2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran yang dilakukan selesai.
  3. Batas waktu Pendaftaran dan pengunggahan dokumen usulan on-line sampai dengan 31 Oktober 2013. Apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan, maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan.
  4. Ditlitabmas tidak menerima Proposal Usulan dalam bentuk hardcopy (dokumen tersebut disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).

Lampiran File:

– Surat Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2013 pendanaan Tahun 2014

– Panduan PKM Tahun 2013

Sumber: http://www.dikti.go.id/?p=11431&lang=id

Atau bisa juga mendownload panduan PKM 2013 disini

Pelatihan Pembuatan Abon dan Pakan Ikan Nila di Desa Songan Kintamani, Bangli

Dalam upaya menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mengadakan “Pelatihan Pembuatan Abon dan Pakan Ikan Nila di Desa Songan Kintamani, Bangli  pada Sabtu, 14 September 2013. Pelatihan ini bertempat di SMKN 2 Songan Kintamani, Bangli yang juga merupakan SMK Agribisnis Perikanan.

Acara Pelatihan Pembuatan Abon dan Pakan Ikan Nila ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Songan Kintamani, Bangli dan disambut positif oleh peserta yang merupakan siswa sekolah dan kelompok petani ikan di Desa Songan, Kintamani. Letak Desa Songan yang berdampingan dengan Danau Batur membuat banyak penduduk desa bermata pencaharian sebagai petani pembudidaya ikan nila. Sebagian besar petani ikan di desa ini hanya menangkap ikan dan langsung menjualnya tanpa mengolahnya terlebih dahulu untuk mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi. Pemasaran ikan hasil tangkapan pun masih terbatas hanya sampai ke restoran-restoran sekitar sehingga nilai jual ikan segar masih relatif rendah. Untuk meningkatkan nilai jual maka perlu dilakukan upaya pengolahan ikan hasil tangkapan, seperti abon ikan.

Permasalahan yang juga dialami pembudidaya di Danau Batur ini adalah dalam mendapatkan pakan ikan karena selama ini pakan ikan hanya berasal dari pabrikan yang harganya pun relatif tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi pembuatan pakan ikan untuk menambah informasi serta meningkatkan skill pembudidaya ikan mengingat banyaknya bahan baku pakan yang tersedia dan dapat dimanfaatkan.