BERITA KEGIATAN STUDENT DAY FKP 2017

Kegiatan Student Day tingkat Fakultas merupakan salah  satu  kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan Student Day FKP Unud pada tahun 2017 mengambil tema “Mengembangkan Insan Akademik Kelautan Dan Perikanan Yang Aktif Kontributif, Inovatif, Serta Mandiri Yang Berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2017 bertempat di Ruang Pertemuan Lantai III Gedung Perpustakaan Universitas Udayana. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Student Day FKP 2017 yaitu 148 dengan rincian 71 mahasiswa baru program Studi Ilmu Kelautan dan 68 mahasiswa baru program studi Manajemen Sumberdaya Perairan serta 4 mahasiswa lama program studi Ilmu Kelautan dan 5 mahasiswa lama program studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WITA dengan mengumpulkan peserta Student Day FKP 2017 di areal kampus FKP dan dilanjutkan pemeriksaan atribut serta absensi kehadiran peserta oleh panitia yang bertugas. Pada pukul 07.25 WITA peserta yang didampingi oleh panitia gugus berjalan menuju lokasi kegiatan.

Sesampainya ditempat lokasi, peserta duduk sesuai kelompok masing – masing. Pada pukul 08.10 WITA dimulai acara pembukaan kegiatan yang di hadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan I Gede Hendrawan S.Si., M.Si., Ph.D, Pengawas Independen, beberapa staf Fakutas Kelautan dan Perikanan, perwakilan Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan, dan perwakilan Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan. Kegiatan Student Day FKP 2016 secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan I Gede Hendrawan S.Si., M.Si., Ph.D dengan simbolis penyematan Nametag kepada perwakilan Mahasiswa Baru serta diikuti oleh seluruh peserta Student Day Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana.

Acara  selanjutnya yaitu pemberian materi oleh tiga organisasi yang ada di fakultas kelautan dan perikanan universitas udayana, yaitu Badan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa dan BSO: BASIC (Baruna Scientific Diving Club) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universittas Udayana. BEM dan BPM berdiri 18 desember 2012 yang pertama dibentuk oleh PPPOK yang bertugas membentuk organisasi yang dibutuhkan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan. Dalam Musyawarah Mahasiswa (Musma) KBM FKP pertama, maka secara resmi  dibentuk 2 organisasi di tingkat  FKP yaitu Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) bidang legislatif dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bidang eksekutif, sedangkan BASIC merupakan Badan Semi Otonom (BSO) pertama di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang berdiri pada tahun 2016. Sebelum penyampaian materi selanjutnya, peserta mendapatkan coffee break berupa snack. Pada pukul 09.50 WITA pemberian materi II yaitu “Konservasi Penyu di Bali” yang dibawakan oleh TCEC ( Turtle Conservation Education Center). Lalu dilanjutkan pemberian materi III yaitu “ Pengalaman Kuliah di Fakultas Kelautan dan Perikanan” yang dibawakan oleh Jegeg Bagus Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana Pande Komang Egar Prihandana dan I Gusti Agung Mahayoni Aksari serta Puteri Maritim dan Pemenang Mawapres I FKP 2017 Ni Putu Cintya Kriss Jayanthi dan I Gede Merta Yoga Pratama. Yang mereka membawakan materi pengalaman kuliah di Fakultas Kelautan dan Perikanan seperti dengan sharing  kegiatan perkuliahan mulai dari mata kuliah, praktikum lapangan dan prakikum laboratorium baik di program studi Manajemen Sumberdaya Perairan maupun di program studi Ilmu Kelautan. Setelah itu, gini giliran pemberian materi IV yaitu “Strategi PKM Lolos PIMNAS” yang dibawakan oleh Gede Hendra Yoga yang memaparkan bagaimana strategi PKM hingga lolos PIMNAS dengan berbagai cara, yang tujuannya untuk mengganti pikiran yang kosong menjadi pikiran yang terbuka.

Pada pukul 12.00 WITA diadakan ISBAMA (Istirahat, Sembahyang, dan Makan) serta diadakan sosialisasi kegiatan Upanayana oleh pihak Panitia Upanayana Universitas Udayana. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Focus Grup Discussion dengan moderator Gede Indra dan William Boomz diruang kaca selama 1 jam. Dalam Focus Grup Discussion ini membahas topik “Pengeboran Minyak Lepas Pantai dan Transportasi Laut”. Kegiatan selanjutnya yaitu Pengenalan Program Studi Fakultas Kelautan dan Perikanan oleh pihak Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan dan Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan dengan menggunakan ruang kaca dan ruang pertemuan. Masing – masing Himpunan Mahasiswa Program Studi melakukan pengenalan dan sharing mengenai program studi masing – masing. Setelah pemberian materi diselesaikan, dilanjutkan dengan pengenalan panitia Student Day FKP dan Pemutaran video. Sebelum acara penutupan diumumkan juara peserta Student Day terbaik dan penugasan terbaik. Pada pukul 15.45 WITA Student Day resmi ditutup oleh Bapak Pembina BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana I Ketut Wija Negara, S.ST. Pi., MP dengan simbolis melepaskan atribut Student Day oleh perwakilan mahasiswa baru serta diikuti oleh seluruh peserta Student Day FKP Unud. Pembubaran peserta dilaksanakan pada pukul 16.00 WITA dengan dipandu kembali oleh pendamping kelompok menuju parkiran FKP Unud dan melakukan absensi oleh panitia yang berjalan dengan lancar.


Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/clients/client1/web139/web/wp-content/plugins/wp-statistics/includes/classes/statistics.class.php on line 118