Penerimaan

Penerimaan

snmptn-2011-small

Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan jender).

Penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dilaksanakan melalui 3 sistem seleksi yaitu:

1.  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan

I. KETENTUAN UMUM DAN PRASARAT

a.    Ketentuan Umum

  1. Jalur Undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.
  2. Jalur Undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
  3. Sekolah yang berhak mengikuti  Jalur Undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).
  4. Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Ketua Panitia SNMPTN dengan menyertakan profil sekolah.
  5. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.
  6. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

b.    Persyaratan Sekolah

Sekolah yang berhak mengikuti Jalur Undangan adalah:

  1. SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN, termasuk sekolah RI di luar negeri.
  2. Sekolah yang menyelenggarakan dan/atau mengikuti Ujian Nasional.

c.    Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun berjalan.
  2. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu: siswa yang masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama (bukan siswa pindahan) pada semester 3, 4, dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK), dengan rincian sebagai berikut:
  • Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  • Akreditasi B    : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  • Akreditasi C    : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  • Lainnya:   5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5

Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012. Persentase terbaik tersebut di atas dihitung berdasarkan jumlah siswa kelas XII di masing-masing sekolah

  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi Jalur Undangan SNMPTN, dan sehat.

2.   PENDAFTARAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://undangan.snmptn.ac.id
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran Jalur Undangan dapat diunduh (download) dari laman http://undangan.snmptn.ac.id.

3.   TAHAPAN SELEKSI

  1. Pendaftaran oleh Kepala Sekolah
  2. Pendaftaran oleh Siswa
  3. Pengumuman Hasil Seleksi
  4. Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi

4.   BIAYA SELEKSI

Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan untuk Tahun 2012 sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per siswa.

5.   MEKANISME SELEKSI

a.    Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:

  1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama.
  2. Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua.

b.   Ketentuan lebih lanjut mengenai mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar.

6.   SISWA PELAMAR BIDIKMISI

  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  2. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus didaftarkan oleh kepala sekolah melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.
  3. Apabila calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran.
  4. Siswa yang memperoleh KAP dan PIN dapat mendaftar/mengisi biodata melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id.
  5. Apabila calon peserta Bidikmisi tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
  6. Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

2.  SNMPTN Jalur Tertulis

1.   KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

a.  Ketentuan Umum

Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan adalah mekanisme seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian tertulis dan keterampilan yang dilakukan serentak secara nasional. Lokasi pelaksanaan SNMPTN dibagi menjadi 4 (empat) wilayah. Penjelasan tentang pembagian wilayah dapat dilihat dalam Panduan Peserta yang dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.

b.   Persyaratan

Pendaftaran

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun berjalan dan 2 tahun sebelumnya. Lulusan 2 tahun sebelumnya memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan lulusan tahun berjalan sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

  1. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  2. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi Jalur Ujian Tertulis SNMPTN tahun tersebut, dan sehat.

2.    PENDAFTARAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.snmptn.ac.id.
  2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.snmptn.ac.id

3.    JENIS UJIAN

a.  Ujian Tertulis

Ujian Tertulis terdiri dari:

  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Tes Bidang Studi (TBS) Prediktif:
  • Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

5.   JADWAL UJIAN

Jadwan ujian akan ditentukan oleh panitia SNMTPN serentak di seluruh Indonesia

6.  PENILAIAN HASIL UJIAN

Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:

  • Jawaban BENAR    :    + 4
  • Jawaban SALAH    :    –  1
  • Tidak Menjawab    :      0

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

7.   BIAYA SELEKSI UJIAN TERTULIS DAN KETERAMPILAN

Biaya seleksi Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan adalah :

  1. Rp.150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk tahun 2012.
  2. Biaya ujian dibayarkan ke Bank Mandiri.
  3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

8.    PESERTA PELAMAR BIDIKMISI

  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  2. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Ditjen Dikti akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id, tanpa harus membayar biaya ujian.
  4. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan kembali untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
  5. Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

3.  Jalur PMDK

PMDK di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dilaksanakan secara mandiri. Prestasi yang dipertimbangkan dalam seleksi PMDK adalah prestasi akademik dan ekstra-kurikuler termasuk prestasi bidang olahraga dan seni. PMDK-UNUD dibuka untuk semua program studi dan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK tiga tahun terakhir yang mempunyai prestasi akademik atau ekstra kurikuler tertinggi di sekolah atau di luar sekolah. Prestasi yang menonjol di bidang akademik maupun ekstra kurikuler dari siswa-siswa di SMA/SMK merupakan prediktor keberhasilan yang baik bagi seseorang di Perguruan Tinggi.

Ada perubahan yang mendasar pada sistem pendaftaran penerimaan calon mahasiswa Universitas Udayana melalui jalur PMDK, yaitu pendaftaran dengan sistem on-line. Sistem on-line mengharuskan calon peserta seleksi mengisi formulir pendaftaran melalui internet dan mencetak sendiri. Hasil print-out pendafatran dan kelengkapan lain selanjutnya dikirim kepada Panitia PMDK Universitas Udayana.

Untuk melakukan Proses Pendaftaran, silahkan klik [ DISINI ]